Labels

Monday, October 8, 2018

Apa itu akonadi server?


Akonadi adalah sebuah layanan penyimpanan data dan pengelolaan informasi pribadi atau personal information management (PIM)  yang diberi nama sesuai dengan dewi keadilan di Ghana. Akonadi adalah salah satu pilar (teknologi inti) di belakan proyek KDE SC4 yang meskipun dirancang untuk digunakan di lingkungan desktop apa-pun, ini dapat diperluas dan menyediakan akses, baca tulis dan query secara bersamaan.


Akonadi memberikan identifikasi dan pengambilan objek yang unik di seluruh desktop. Ini berfungsi sebagai penyimpanan data yang dapat diperluas untuk semua aplikasi PIM. Dalam KDE 3 setiap aplikasi PIM memiliki metode penyimpanan dan penanganan data yang berbeda, yang menyebabkan beberapa implementasi pada dasarnya memiliki fitur yang sama. Selain penyimpanan data, Akonadi memiliki beberapa komponen lain termasuk pencarian, dan perpustakaan (cache) untuk akses mudah dan pemberitahuan perubahan data.

Akonadi berkomunikasi dengan server untuk mengambil dan mengirim data daripada aplikasi melalui API khusus. Data kemudian dapat diambil dari Akonadi oleh model yang dirancang untuk mengumpulkan data spesifik seperti (surat, kalender, kontak, dll.). Aplikasi itu sendiri terbuat dari pengunjung dan editor untuk menampilkan data kepada pengguna dan membiarkan mereka memasukkan data. Akonadi juga mendukung metadata yang dibuat oleh aplikasi.

Pengembangan aplikasi PIM menjadi lebih mudah karena Akonadi menangani penyimpanan dan pengambilan data, yang secara tradisional merupakan bagian yang sulit dalam membuat aplikasi PIM. Pengembang Mailody Tom Albers mendemonstrasikan bagaimana pembaca surat dapat dibuat hanya dalam 10 menit menggunakan Akonadi. 

Sumber wikipedia

No comments:

Post a Comment